Posted on Leave a comment

Premier League Terapkan Head-to-Head Di Musim Depan

premier league

Musim depan dipastikan akan ada beberapa perubahan peraturan yang sudah ditetapkan oleh pihak Otoritas dari Premier League. Sistem Head-to-head akan mulai diterapkan di Premier League pada musim 2019/2020 nanti.

Memang selama ini Premier League selalu mengunakan sistem perhitungan selisih gol apabila terjadi ada dua tim teratas yang memiliki raihan poin sama. Setelah sistem perhitungan selisih gol baru yang dihitung total gol yang dicetak dan selanjutnya sistem playoff untuk menentukan pemenang.

Aturan Premier League yang lama memang membuat setiap tim di Premier League selalu tampil lebih kompetitif lagi di setiap pekan demi mencetak gol lebih banyak ke gawang lawan supaya lebih unggul dalam perhitungan posisi di papan klasemen jika terdapat raihan poin yang sama. Terakhir kali sistem tersebut digunakan saat penentuan dari Juara Premier League akhir musim 2011/2012.

Di musim 2011/2012 lalu terjadi raihan poin yang sama antara dua klub rival sekota yaitu Manchester City dengan Manchester United. Namun Manchester City berhak menjadi juara setelah unggul dalam urusan selisih gol walaupun di akhir musim tersebut raihan poin kedua tim sama. Musim depan nanti perhitungan seperti ini tidak akan diterapkan lagi di ajang Premier League.

Premier League resmi sudah mengumumkan kalau sistem Head-To-Head yang akan menjadi patokan sebagai penentu dari posisi setiap tim untuk Juara, Zona Liga Champions, Liga Europa dan juga tim-tim yang berhak promosi ataupun di degradasi. Penerapan sistem Head-To-Head sebenarnya sudah digunakan oleh kompetisi top Eropa lainnya seperti La Liga dan Serie A.

Namun ada perbedaan dengan sistem Head-to-Head yang akan diterapkan oleh Premier League di musim depan nanti dimana sistem tersebut akan digunakan jika memang ketiga syarat yang biasa digunakan seperti raihan poin, selisih gol dan total jumlah gol masih tetap berimbang. Selain itu juga aturan dari gol tandang juga akan diterapkan apabila kedua tim memiliki rekor yang sama.

Sampai keseluruhan kriteria tersebut sudah diperhitungkan dan masih belum mendapatkan pemenangan maka selanjutnya penentu kemenangan akan dipastikan lewat babak playoff yang berlangsung di tempat netral. Untuk laga Playoff sendiri akan ditentukan oleh pihak Premier League baik itu urusan waktu, format laga dan tempat berlangsungnya laga playoff.

Premier League di musim depan nanti juga dipastikan menerapakan Sistem VAR dan juga merevisi beberapa aturan terkait posisi offside dan tendangan penalti.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *